Buku ini dapat diposisikan sebagai testimonia sejarah atas warna-warni "cerita kehidupan" yang mengantri perjalananan madrasah sejak lama hingga sekarang ini. Ada keluh-kesah, gugatan, celaan, harapan bahkan politisasi yang sangat serius atas penyelenggaraan pendidikan madrasah di tanah air kita. Semuanya ditulis dan dilaporkan oleh media massa lokal dan nasional sepanjang rentang waktu lima ta…
Buku Ini merupakan rangkuman dari hasil hasil penelitian Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan sesuai dengan tugas dan fungsinya yang telah melakukan sejumlah penelitian tentang pendidikan agama dan keagamaan meliputi aspek aspek input, proses dan outputnya yang bertujuan mendokumentasikan sejumlah konsep dan pemikiran tentang pengembangan Madrasah dan PTAI, menjadi kontribusi strategis bag…
Menghadirkan sarana dan prasarana ibadat melalui pendirian rumah ibadat merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kebebasan menjalankan ajaran agama, yang dilindungi oleh konstitusi sebagai simbol kebanggan tersendiri bagi umat beragama. Namun pendirian rumah ibadat ini pulalah yang selalu menjadi pemicu terwujudnya intoleransi keberagamaan di Indonesia. Bahkan menjurus pada tindakan anarkis y…
Pendidikan agama sangat diperlukan bagi umat manusia yang meyadarı akan keberadaannya didunia Perbedaan agama yang ada hendaknya tetap kita syukurı dan anugerah ini hendaknya tetap kita jaga dan pelihara agar terjalin persatuan antar umat beragama. Dalam rangka kehidupan bermasyarakat, berbangsa serta bernegara, pemerintah terus menyupayakan peningkatan kualitas Pegawai Negeri Sipil Pemeri…
Masalah mutu pendidikan, termasuk pendidikan keagamaan Islam merupakan aspek yang tidak dapat dipisahkan dari pemerataan dan perluasan akses layanan pendidikan. Skala prioritas ini diharapkan dirasakan oleh seluruh elemen masyarakat. Maju dan tidaknya pembangunan di suatu wilayah tidak terlepas dari peran serta penduduknya sebagai subjek.
Buku ini memotret dinamika Pendidikan Agama Islam di setiap Lembaga Pendidikan tanah air, baik Pendidikan dasar, Pendidikan menengah maupun tinggi. Bagian penting dinamikanya mulai dari kurikulum, inovasi pembelajaran, pemodelan pengajaran, kepustakaan, pengajar, maupun best practice pembelajaran PAI di berbagai sekolah atau madasah. Seluruhnya di potret secara lengkap dan kekinian melalui rise…
Sebagai bagian dari umat manusia, umat Islam harus dapat menempatkan diri sebagai umat terbaik yang selalu menegakkan keadilan, kesamaan, toleransi, tenggang rasa, serta menjunjung tinggi nilai dan martabat kemanusian dalam kehidupan. Ini adalah cerminan ajaran Islam yang moderat. Islam selalu mengedepankan kedamaian dan menolak segala bentuk kekerasan. Kekerasan bukan hanya bertentangan …
Buku ini bertujuan untuk menjelaskan praktik kerukunan umat beragama sebagai implementasi moderasi beragama di Kepalauan Riau. Book chapter ini terdiri dari lima bagian yaitu: pertama, “Kerukunan di Rumah Belah Bubung” yang ditulis Ibnu Salam dan Nurman Kholis tentang kondisi kerukunan masyarakat di Kepulauan Riau berbasis pada relasional masyarakat yaitu etnis, suku, agama, dan lainnya. Ru…
Buku ini berhasil merekonstruksi dengan baik derap langkah, kiprah, dan terobosan para Menteri Agama Republik Indonesia dari sejak awal berdirinya negeri ini, sekalipun pada saat itu sistem politik kekuasaan masih sangat labil di bawah kendali Presiden Soekarno (1945-1967); terbukti dengan berubah-ubahnya sistem pemerintahan, dari sistem presidentil berubah menjadi parlementer hingga demokrasi …
Buku ini adalah upaya untuk menggambarkan keberadaan berbagai agama, kepercayaan, paham dan aliran keagamaan yang ada di Indonesia. Secara metodologis penulisan dilakukan secara deskriptif, penulisan tidak menyajikan urusan konflik, ketegangan dan pertentangan satu sama lain, baik internal maupun eskternal, serta tidak juga berusaha memberikan perspektif mendalam tentang eksplorasi ajaran, baik…
Semua agama memiliki ajaran kebenaran dan kebaikan bukan hanya bagi pemeluknya saja, melainkan juga untuk disiarkan kepada umat manusia. Namun penyiaran agama kepada orang yang telah beragama sering mengundang konflik di masyarakat. Perpindagan agama adalah merupakan faktor utama penyebab konflik antarumat beragama.
Pendidikan Islam memiliki posisi strategis dalam Sistem Pendidikan Nasional baik secara legal formal maupun faktual di Masyarakat. Buku ini menyajikan inovasi Pendidikan dan Pembelajaran dengan implementasinya melalui kurikulum berbagai sudut pandang termasuk penerapan model K13 dalam pembelajaran PAI melalui pendekatan saintifik. Kesemuanya dikemas dengan bahasa yang lugas dan sederhana.
Buku ini berisi hasil laporan penelitian di Balai Litbang Agama Jakarta untuk memberikan informasi kepada Masyarakat luas tentang kondisi actual kerukunan hidup beragama di Indonesia bagian barat dengan asumsi bahwa kohesi dan solidaritas antara kelompok kelompok sosial keragaman jelas mensyaratkan apresiasi yang memadai terhadap rinsip prinsip toleransi dan multikulturalisme. Sebagai bangsa y…
Modul ini menjelaskan perihal konflik horizontal di masyarakat serta beberapa langkah integratif sebagai solusi alternatif membangun kerukunan berbasis kebudayaan kearifan lokal yang ada di Indonesia dalam kerangka semangat multikultural di Indonesia yang ber bhinneka tunggal ika Cakupan modul ini meliputi makna konflik, identitas konflik horizontal di Indonesia, langkah integratif dari keragam…
Modul ini menjelaskan tentang konsepsi Kesadaran Multikulturalisme dan peranannya dalam memelihara kerukunan umat beragama bagi Tenaga Penyuluh Agama. Cakupan modul ini meliputi pengertian multikulturalisme baik perspektif umum maupun agama, arti penting kesadaran multikulturalisme bagi Indonesia, syarat mengembangkan kesadaran multikulturalisme, kesadaran multikulturalisme dalam Kerukunan Umat…
Bangsa Indonesia sangat beruntung memiliki keragaman budaya dan tradisi yang diwariskan oleh para leluhurnya. Kebudayaan merupakan hasil kreatifitas yang berlandaskan budi dan nalar masyarakatnya, yang diantara maksudnya adalah untuk menguatkan eksistensi. Konteks lingkungan alam maupun sosial ditanggapi dengan budi dan nalar yang secara organis membentuk pengetahuan, acuan moral dan tindakan b…