Buku ini dirancang sebagai panduan bagi guru Madrasah Aliyah dalam menerapkan dan mengembangkan strategi pembelajaran mata pelajaran antropologi. Isinya mencakup pendekatan pedagogis, metode aktif, dan media pembelajaran kontekstual untuk membantu siswa memahami budaya, masyarakat, dan dinamika sosial dalam perspektif antropologi. Dilengkapi dengan contoh penerapan di kelas, buku ini juga menek…
Buku Strategi Penyuluhan Agama Islam membahas secara komprehensif pendekatan, metode, dan teknik dalam menyampaikan ajaran Islam kepada masyarakat secara efektif dan kontekstual. Ditujukan bagi para penyuluh agama, dai, maupun pendidik keagamaan, buku ini menguraikan konsep dasar penyuluhan, perencanaan program dakwah, strategi komunikasi dakwah, serta pengembangan materi yang relevan dengan ke…
Buku Strategi Pembelajaran Geografi untuk Guru Madrasah Aliyah (Kelas XII) ini dirancang sebagai panduan praktis bagi pendidik dalam mengembangkan dan menerapkan pendekatan pembelajaran yang efektif, kreatif, dan sesuai dengan kurikulum geografi kelas XII di Madrasah Aliyah. Buku ini membahas berbagai strategi pembelajaran aktif, berbasis proyek, dan kontekstual yang dapat membantu siswa memaha…
Buku Pedoman Penggunaan Lintang dan Bujur Tempat di Indonesia: Untuk Diklat Tenaga Hisab dan Rukyat ini disusun sebagai panduan teknis bagi para peserta pendidikan dan pelatihan (diklat) tenaga hisab dan rukyat dalam memahami dan menerapkan data geografis—khususnya koordinat lintang dan bujur—dalam perhitungan astronomi Islam. Buku ini menjelaskan pentingnya akurasi data lokasi dalam penent…
Bahasa Arab sebagai salah satu mata pelajaran di sekolah-sekolah formal, mulai diajarkan sejak sekolah dasar yakni di Madarash Ibtidaiyah. Hal ini mengingatkan bahwa peran para tenaga pengajar Bahasa Arab di sekolah-sekolah dengan berbagai tingkatan memegang posisi yang cukup penting Keberhasilan pembelajaran Bahasa Arab yang dilakukan para tenaga pengajar di sekolah-sekolah dasar dan menengah,…
Ada empat istilah yang terkait dengan konsep evaluasi dan yang sering digunakan untuk mengetahui keberhasilan belajar peserta didik, yaitu pengukuran, pengujian, penilaian, dan evaluasi. Pengukuran adalah proses penetapan angka terhadap suatu gejala menurut aturan tertentu. Pengukuran pendidikan berbesis kompetensi dasar berdasarkan pada klasifikasi observasi unjuk kerja atan kemampuan peserta …
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan merupakan bagian integral dari pendidikan secara keseluruhan. Pendidikan jasmani merupakan suatu proses seseorang sebagai individu maupun anggota masyarakat yang dilakukan secara sadar dan sistematik melalui berbagai kegiatan dalam rangka memperoleh kemampuan dan keterampilan jasmani, pertumbuhan, kecerdasan, dan pembentukan watak. Pendidikan jasmani pa…
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan merupakan bagian integral dari pendidikan secara keseluruhan. Pendidikan jasmani merupakan suatu proses seseorang sebagai individu maupun anggota masyarakat yang dilakukan secara sadar dan sistematik melalui berbagai kegiatan dalam rangka memperoleh kemampuan dan keterampilan jasmani, pertumbuhan, kecerdasan, dan pembentukan watak. Pendidikan jasmani pa…
Standar Isi mencakup lingkup materi minimal dan tingkat kompetensi minimal untuk mencapai tingkat kompetensi lulusan minimal pada jenjang dan jenis pendidikan tertentu Standar Isi memuat kerangka dasar, struktur kurikulum, beban belajar, dan kalender pendidikan/akademik. Standar Kompetensi Lulusan satuan pendidikan adalah kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup pengetahuan, sikap dan ket…
Analisis SKL dan Sl mata pelajaran bahasa Indonesia Madrasah Tsanawiyah dimulai dari pemahaman tentang landasan hukum SKL dan SI Landasan tersebut seperti Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005, tentang Standar Kompetensi Lulusan, dan Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005, tentang Standar Isi. An…
Modul ini merupakan panduan bagi peserta diklat untuk meningkatkan pengetahuan tentang pengembangan bahan ajar bahasa Indonesia di MTS berbasis komputer, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai Dengan demikian peserta diklat diharapkan dapat mengintegrasikan teknologi yang berkaitan dengan komputer ke dalam pembelajaran. Modul yang sedang Saudara baca ini merupakan salah satu teori cara pen…
Bahan yang terdapat dalam modul ini merupakan panduan dan pedoman dasar bagi Saudara untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang strategi dan model pembelajaran keterampilan berbahasa Indonesia terutama keterampilan mendengarkan pada Madrasah Ibtidaiyah Selanjutnya dengan peningkatan pengetahuan strategi, diharapkan dapat memudahkan Saudara dalam melaksanakan proses pembelajaran dengan tepat…