Buku Pendalaman Materi Seni Budaya untuk Guru Madrasah Tsanawiyah: Ruang Lingkup Seni Rupa Murni ini dirancang untuk memperkuat kompetensi guru dalam mengajarkan materi seni rupa murni kepada siswa tingkat MTs. Buku ini membahas secara mendalam elemen dan prinsip seni rupa, teknik berkarya dua dan tiga dimensi, serta apresiasi terhadap karya seni murni dari berbagai budaya, termasuk khazanah se…
Buku Pendalaman Materi Seni Musik untuk Guru Madrasah Aliyah ini dirancang untuk meningkatkan kompetensi guru dalam mengajarkan seni musik secara teoritis dan praktis sesuai dengan kurikulum di tingkat MA. Buku ini membahas elemen-elemen dasar musik seperti ritme, melodi, harmoni, notasi, serta teknik vokal dan instrumen yang relevan dalam konteks pendidikan Islam. Disertai dengan contoh pembel…
Buku Evaluasi Hasil Pembelajaran Seni Budaya untuk Guru Madrasah Tsanawiyah ini disusun sebagai panduan praktis bagi para guru dalam merancang, melaksanakan, dan menilai hasil pembelajaran seni budaya secara komprehensif dan objektif di tingkat pendidikan menengah pertama. Buku ini membahas berbagai bentuk instrumen evaluasi yang sesuai dengan karakteristik materi seni rupa, musik, tari, dan te…
"Modul disain pembelajaran ini berisi tentang pengertian desain dan model pembelajaran, desain dan rancangan pembelajaran, fungsi disain pembelajaran, ciri desain pembelajaran, dan desain pembelajaran di perguruan tinggi. Pemahaman akan hal ini dapat merubah pola pikir Saudara dalam memahami konteks pembelajaran di perguruan tinggi yang baik. Uraian selanjutnya adalah tentang pengertian pengemb…
Modul ini mengambil judul Kompetensi Dasar Tenaga Dosen akan mengurai tentang kompetensi yang harus dimiliki seorang dosen ketika ia terjun di dunia pembelajaran, dalam modul ını akan diuraikan tentang empat kompetensi dasar yang harus dimiliki oleh seorang dosen ketika hendak melakukan kegiatan perkuliahan. Masing-masing bab dalam modul ını diawali tentang kompetensi dasar, materi pokok, u…
Seni yang berkaitan dengan nuansa keagamaan, di dalam seni tercakup bagian gagasan estetik atau religius. Dengan demikian, antara agama dan seni terdapat hubungan yang saling mengarahkan, sehingga mewujud sebagai seni yang mempunyai gagasan atau bernuansa keagamaan. Misalnya, Tan Rateeb Meuseukat (rateeb: zikir/mengingat Allah; meuseukat: mengarahkan para hadirin/Ibn Miskawih) di Aceh Selatan. …