Buku ini dapat diposisikan sebagai testimonia sejarah atas warna-warni "cerita kehidupan" yang mengantri perjalananan madrasah sejak lama hingga sekarang ini. Ada keluh-kesah, gugatan, celaan, harapan bahkan politisasi yang sangat serius atas penyelenggaraan pendidikan madrasah di tanah air kita. Semuanya ditulis dan dilaporkan oleh media massa lokal dan nasional sepanjang rentang waktu lima ta…
Buku Ini merupakan rangkuman dari hasil hasil penelitian Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan sesuai dengan tugas dan fungsinya yang telah melakukan sejumlah penelitian tentang pendidikan agama dan keagamaan meliputi aspek aspek input, proses dan outputnya yang bertujuan mendokumentasikan sejumlah konsep dan pemikiran tentang pengembangan Madrasah dan PTAI, menjadi kontribusi strategis bag…
Buku Himpunan Peratuan Perundang-undangan dan kebijakan tentang Kediklatan ini merupakan pedoman dan acuan bagi seluruh unit kerja di lingkungan Departemen Agama, terutama dalam hal perencanaan program pengembangan SDM, serta menjadi dasar hukum bagi Pusdiklat tenaga Administrasi, Pusdiklat Tenaga Teknis Keagamaan, serta Balai Diklat dalam proses penyusunan program dan anggaran serta penyelengg…
Modul pendalaman materi Ilmu Pengetahuan Alam tentang benda/materi, sifat-sifat dan kegunaannya ini disusun sebagai bahan orientasi dasar bagi para tenaga pendidikan khususnya guru IPA pada jenjang MI Secara khusus, modul ini dijadikan sebagai salah satu bahan ajar dalam kegiatan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) tingkat dasar, bagi para tenaga pendidikan terutama di lingkungan Departemen Penge…
Mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan memiliki dimensi kajian yang terdiri dari dimensi pengetahuan, ketrampilan, dan nilai-nilai kewarganegaraan. Dimensi pengetahuan kewarganegaraan atau (civics knowledge) mencakup politik, hukum, dan moral. Dimensi ketrampılan kewarganegaraan (civics skill) meliputi ketrampilan partisipasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Dan dimensi nilai-nilai …
Ruang lingkup penilaian dalam pembelajaran meliputi aspek penilaian kognitif, afektif dan psikomotor, teknik penilaian dan penentuan jenis penilaian serta instrumen penilaian. Untuk mengukur penguasaan siswa terhadap seperangkat materi pembelajaran Keterampilan di MTs tersebut maka diperlukan sistem penilaian disesuaikan dengan karakteristik standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator ya…
Manajamen Peningkatan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia sendiri pada umumnya merupakan bagian integral dalam Sistem Manajemen Sumber Daya Manusia secara keseluruhan di sebuah organisasi perusahaan. Hal ini berlaku pula di institusi pendidikan yang bernama Perguruan Tinggi. Artinya, peningkatan dan pengembangan mutu dosen dilihat sebagai bagian tak terpisah dari aplikasi manajemen sumber daya…
Masalah mutu pendidikan, termasuk pendidikan keagamaan Islam merupakan aspek yang tidak dapat dipisahkan dari pemerataan dan perluasan akses layanan pendidikan. Skala prioritas ini diharapkan dirasakan oleh seluruh elemen masyarakat. Maju dan tidaknya pembangunan di suatu wilayah tidak terlepas dari peran serta penduduknya sebagai subjek.
Ciri prinsip ideal lembaga pendidikan usia RA adalah pembelajaran dapat dilaksanakan karena sumber daya manusia (psikologis) dan dana anggaran pendidikan terpenuhi Tetapi kenyataan di lapangan (realitas) bahwa terjadi tumpang tindih kebijakan dalam pemenuhan kebutuhan tersebut. Antara prinsip ideal (terpenuhi kebutuhan SDM yang professional dan anggaran dana yang cukup), dan prinsip psikologis …
"Layanan Pendidikan RA/TK adalah salah satu jenis layanan pendidikan RA/TK yang diberikan dalam rangka memaksimalkan potensi anak prasekolah yang dipandang sangat penting karena merupakan pondasi yang harus ditanamkan secara maksimal. Sesuai dengan tahap perkembangan anak, dimana pada masa ini anak mengalami perkembangan otak sebesar 50 % dari perkembangan secara keseluruhan. Oleh karena itu…
Buku ini memotret dinamika Pendidikan Agama Islam di setiap Lembaga Pendidikan tanah air, baik Pendidikan dasar, Pendidikan menengah maupun tinggi. Bagian penting dinamikanya mulai dari kurikulum, inovasi pembelajaran, pemodelan pengajaran, kepustakaan, pengajar, maupun best practice pembelajaran PAI di berbagai sekolah atau madasah. Seluruhnya di potret secara lengkap dan kekinian melalui rise…
Corak pendidikan yang dikembangkan oleh para Kiai degan lembaga pendidikan tradisional yang disebut pondok pesantren. Corak pendidikan pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan yang sudah tua, tetapi hingga kini masih tetap eksis dan telah banyak melahirkan para ahli dalam bidang ilmu agama. Ada pula corak pendidikan madrasi yaitu pendidikan yang dikembangkan secara modern dengan menggunaka…
Isi buku ini terbagi kedalam tujuh tema. Bagian pertama membahas tentang geliat keagamaan pesantren lembaga pemasyarakatan Cianjur, bagian Kedua membahas tentang pemberdayaan perempuan pada komunitas majlis taklim, bagian ketiga menguraikan tentang pesantrenAPIK Kaliwungu Kendal melawan arus global, bagian keempat membahaspembinaan anak jalanan di pesantren Fathul Khair Cimanggis Depok, bagian …
Perkembangan pondok pesantren di Indonesia saat ini, disadari atau tidak memang terdapat pondok pesantren yang mengalami pergeseran, yaitu pada awal berdirinya adalah pondok pesantren salafiyah (tidak menyelenggarakan pendidikan formal, seperti madrasah atau sekolah), tapi lambat-laun pesantren tersebut jumlah santrinya mulai berkurang, karena tidak relevan dengan kebutuhan kehidupan masya…