Buku ini hadir di tengah-tengah kita dalam rangka memberikan sedikit pandangan tentang agama, sosial, dan prospek kehidupan manusia di masa yang akan datang. Banyak hal dan pengalaman menarik yang perlu kita ambil dan sampaikan untuk sesama sebagai upaya ikut membantu membuka pola pikir masyarakat yang selama ini kurang atau tidak sesuai dengan realitas sesungguhnya, baik dalam idealisme maupun…
Buku ini hadir menarasikan dinamika pendidikan Islam sebagai institusi pendidikan dan pendidikan Islam sebagai materi keilmuan keislaman, dengan tujuan terbangunnya pemahaman dan terejawantahkannya nilai-nilai Islam dalam laku keseharian anak didik. Dalam konteks yang pertama, pendidikan Islam sebagai institusi pendidikan, penulis menampilkannya dalam berbagai inovasi lembaga pendidikan Islam s…
Buku ini memuat model-model pendidikan agama dalam berbagai perspektif. Adapun isi dari buku ini diantaranya : Bag pertama : pendidikan agama di masyarakat, bag kedua : pendidikan agama & pembangunan etika bangsa, bag ketiga : pendidikan agama & komunitas, dan bag keempat : pendidikan agama & multikulturalisme.
Madrasah atau sekolah yang berada di kawasan marginal cenderung kesulitan untuk mengakses dan menyediakan guru-guru yang berkompeten, fasilitas yang memadai, dan tata kelola yang professional guna meningkatkan mutu pendidikannya. Hal ini berbanding terbalik dengan sekolah atau madrasah yang berada di kawasan perkotaan dan dekat dengan pusat pemerintahan. Fenomena ini menunjukkan betapa ironi at…
Buku ini memaparkan bagaimana upaya pendidikan dan pengembangan karakter yang dilakukan oleh beberapa pesantren-pesantren dengan berbagai macam kegiatan. Karena diharapkan pesantren-pesantren tersebut nantinya dapat menciptakan generasi-generasi yang memiliki pribadi yang berkarakter dan bermanfaaat untuk lingkungannya.
Buku ini berisi kajian dan penelitian yang didasarkan atas perubahan kebijakan program tafaqquh fiddin yang melakukan restrukturisasi Madrasah Aliyah Programn Khusus (MAPK) menjadi MAK yang pada akhirnya cenderung kualitas MAK mengalami degradasi yang semakin lama semakin buruk. Minat masyarakat menurun drastis, bahkan sejumlah Madrasah Aliyah akhirnya undur diri dari penyelenggaraan program te…
MTs NU Pakis bukanlah apa-apa di tahun 1997. Bahkan, siswanya banyak yang tidak lulus Ujian Nasional. Di saat tidak ada apa-apanya itulah Najmah mendapat amanah menjadi kepala madrasah. Menangis, itulah reaksi Najmah ketika itu. Tiga bulan menangis, akhirnya Najmah bangkit dan berusaha menerima kenyataan bahwa dirinya sekarang kepala madrasah. Beban besar sedang ditanggungnya, dunia-akhirat. Na…
Inspeksi, supervisi dan pengawasan pendidikan memiliki visi, misi, orientasi serta strategj dan cara kerja yang berbeda satu dengan lainnya, hal ini dibuktikan dari pemaparan konseptual kondisi objekif dan harapan ideal dari masing-masing keilmuan tersebut dan ketiga kaian di atas termasuk ke dalam rumpun keilmuan administrasi dan manajemen pendidikan. Inspeksi dimaknai sebagai sebuah tatanan k…
Buku yang berjudul Elektabilitas Satuan Pendidikan Agama dan Keagamaan berisi studi tentang performa lembaga pendidikan Islam seperti madrasah. Tulisan di dalam buku ini memperlihatkan cara akademis dalam mengukur kualitas lembaga pendidikan yang selama ini dipersepsi sebagai lembaga pendidikan yang berwatak "tradisional". Dengan membaca buku ini, pembaca tidak hanya dapat melihat bagaimana dan…
Kegiatan Kajian Pemikiran Tokoh Pendidikan Agama dan Keagamaan ini dilatarbelakangi pemikiran, bahwa mengkaji pemikiran kependidikan yang dikemukan tokoh-tokoh pendidikan Islam dan implementasinya dalam lembaga pendidikan - baik di pesantren, sekolah, maupun perguruan tinggi dapat membantu memberikan ruang untuk sebuah refleksi, yang pada gilirannya memberikan rangsangan untuk menggerakkan upay…