Mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan memiliki dimensi kajian yang terdiri dari dimensi pengetahuan, ketrampilan, dan nilai-nilai kewarganegaraan. Dimensi pengetahuan kewarganegaraan atau (civics knowledge) mencakup politik, hukum, dan moral. Dimensi ketrampılan kewarganegaraan (civics skill) meliputi ketrampilan partisipasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Dan dimensi nilai-nilai …
Dalam rangka pengembangan strategi pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) yang berkaitan dengan aspek Persatuan dan Kesatuan Bangsa, Norma Hukum dan Peraturan, serta Hak Asasi Manusia (HAM), beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh pendidik adalah: Konsep Belajar dan Pembelajaran: Pembelajaran adalah istilah baru yang menggantikan istilah “proses belajar-mengajar” dan “pengajaran…
Pembelajaran adalah proses interaksi edukatif antara guru dan siswa yang dirancang untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam pembelajaran, guru harus merencanakan kegiatan secara sistematis, dengan mempertimbangkan pendekatan, metode, model, dan media pembelajaran yang tepat untuk mencapai standar kompetensi dan kompetensi dasar. Dalam konteks pengembangan pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (P…
Modul ini menguraikan tentang berbagai model pembelajaran dalam Pendidikan Kewarganegaraan di Madrasah Aliyah, yang mencakup model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction), Pembelajaran Kooperatif, dan Pembelajaran Berbasis Masalah. Pada bagian awal, dijelaskan pentingnya berbagai model pembelajaran untuk mendukung implementasi standar isi. Bab II membahas model-model pembelajaran dalam Pendi…