Buku ini disusun sebagai bahan pendalaman materi bagi guru Madrasah Ibtidaiyah dalam mengajarkan bahasa Arab secara efektif di tingkat dasar. Buku ini membahas struktur dasar bahasa Arab, kosakata tematik, strategi pengajaran, serta integrasi nilai-nilai keislaman dalam pembelajaran. Dilengkapi dengan contoh soal, latihan, dan pendekatan kontekstual, buku ini menjadi sumber yang tepat bagi guru…
Bahasa Arab sebagai salah satu mata pelajaran di sekolah-sekolah formal, mulai diajarkan sejak sekolah dasar yakni di Madarash Ibtidaiyah. Hal ini mengingatkan bahwa peran para tenaga pengajar Bahasa Arab di sekolah-sekolah dengan berbagai tingkatan memegang posisi yang cukup penting Keberhasilan pembelajaran Bahasa Arab yang dilakukan para tenaga pengajar di sekolah-sekolah dasar dan menengah,…
Modul ini membahas materi yang dapat digunakan oleh guru dalam pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah, khususnya tentang bentuk kata sebagai unsur dasar bahasa. Modul ini mengulas fi'il, terutama fi'il tsulatsi mujarrod, setelah memperkenalkan kalimat fi'il dan pembagiannya (fi'il madi, fi'il mudorik, fi'il amar, mujarrod, dan mazid). Bab III menjelaskan fi'il tsulatsi mujarrod secara rinc…
Modul ini membahas materi syibhu jumlah sebagai pendalaman untuk pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah, khususnya dalam membaca teks dan pengajaran strukturnya. Struktur syibhu jumlah mirip dengan kalimat sempurna (jumlah mufidah) yang terdiri dari dua susunan, yaitu dlorof dan kata yang dimajurkan. Bagi siswa dengan pemahaman bahasa Arab yang masih rendah, syibhu jumlah dapat dipahami se…
Modul ini berisi materi-materi yang nantinya dapat diajarkan dan digunakan oleh Saudara dalam melaksanakan pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah, kususnya pada aspek qawai'id (isim nakirah dan ma'rifah) yang diperoleh dari standar isi, kususnya berkenaan dengan Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) bahasa Arab MA/(Adrasah Aliyah) Modul ini berisi pendalaman materı, yang me…