Buku Pendalaman Materi Pendidikan Agama Islam untuk Guru Sekolah Menengah Pertama ini dirancang sebagai referensi bagi guru PAI tingkat SMP dalam memperdalam penguasaan materi ajar. Isi buku mencakup kajian tematik seputar akidah, ibadah, akhlak, dan sejarah kebudayaan Islam yang disajikan secara komprehensif dan kontekstual. Materi disusun untuk mendukung implementasi kurikulum serta memperkua…
Buku Penerapan dan Pengembangan Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk Guru Sekolah Menengah Pertama ini dirancang sebagai panduan bagi para guru dalam mengelola proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang efektif, inovatif, dan kontekstual di tingkat SMP. Buku ini membahas pendekatan, metode, serta media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik perkembangan remaja, g…
Corak pendidikan yang dikembangkan oleh para Kiai degan lembaga pendidikan tradisional yang disebut pondok pesantren. Corak pendidikan pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan yang sudah tua, tetapi hingga kini masih tetap eksis dan telah banyak melahirkan para ahli dalam bidang ilmu agama. Ada pula corak pendidikan madrasi yaitu pendidikan yang dikembangkan secara modern dengan menggunaka…
Isi buku ini terbagi kedalam tujuh tema. Bagian pertama membahas tentang geliat keagamaan pesantren lembaga pemasyarakatan Cianjur, bagian Kedua membahas tentang pemberdayaan perempuan pada komunitas majlis taklim, bagian ketiga menguraikan tentang pesantrenAPIK Kaliwungu Kendal melawan arus global, bagian keempat membahaspembinaan anak jalanan di pesantren Fathul Khair Cimanggis Depok, bagian …
Wacana tentang pesantren hampir tidak pernah lepas dari perbincangan. Sebagai lembaga pendidikan Islam yang paling tua, pesantren mampu menjaga eksistensinya dalam menghadapi terpaan perkembangan zaman. Pesantren pun melakukan dinamisasi internal dengan menghadirkan lembaga pendidikan di dalamnya, seperti sekolah/madrasah. Tak ketinggalan, pesantren juga menghadirkan perguruan tinggi di dalamny…
buku yang berada di tangan pembaca ini berbicara masalah pendidikan islam yang penulis sengaja mengambil by research literature dari buku-buku karya ulama besar Hujjatul Islam Imam Ghzali secara spesifik masalah pendidikan islam. Tentunya sekelas tokoh ilmuwan satu ini bila digali pemikirannya dari segala kompetensnya termasuk didalamnya soal pendidikan islam akan membuahkan nilai-nilai baru ya…
Bibliografi: hlm 51