Text
Isu isu Sekitar Madrasah
Buku ini dapat diposisikan sebagai testimonia sejarah atas warna-warni "cerita kehidupan" yang mengantri perjalananan madrasah sejak lama hingga sekarang ini. Ada keluh-kesah, gugatan, celaan, harapan bahkan politisasi yang sangat serius atas penyelenggaraan pendidikan madrasah di tanah air kita. Semuanya ditulis dan dilaporkan oleh media massa lokal dan nasional sepanjang rentang waktu lima tahun terakhir. Madrasah adalah sejarah keterpinggiran dan marjinalisasi, demikian pakar pendidikan menilai. Senyatanya, besarnya kontribusi madrasah terhadap dunia pendidikan di tanah air dalam memerangi proses pencerdasan anak bangsa meskipun dengan kemampuan seadanya,
tidak sebanding dengan treatmen Pemerntah yang ditermanya. Madrasah sebagai lembaga pendidikan yang tumbuh dari kebutuhan masyarakat dan berkembang dari bawah, "terpaksa" hidup sekedar hidup saja, menjauh dari standar pendidikan berkualitas sehingga ia pada gilirannya hanya menempati pilihan yang ke sekian dari berbagai pilihan yang ada. Namun demikian, madrasah tetap menyimpan sejuta harapan sepanjang masyarakat sang pemilik itu tetap terlibat dalam pengelolaannya. Karena merekalah madrasah berada. Madrasah tumbuh dari, oleh dan untuk masyarakat. Masyarakat madrasah hampir tidak membutuhkan pengakuan apapun, dari siapapun. Niat mendidik untuk ibadah adalah nilai tertinggi dari berbagai macam akreditasi manapun.
Tidak tersedia versi lain