Text
Teori belajar dan motivasi untuk dosen tingkat dasar
Modul ini membahas tentang teori belajar dan motivasi, dimulai dengan pengertian dan pentingnya teori belajar dalam proses pendidikan. Pembahasan dimulai dengan empat aliran utama teori belajar: Behaviorisme, yang mencakup:Koneksionisme, Classical conditioning Operant conditioning Teori belajar sosial Teori Belajar Kognitif, yang mencakup: Perkembangan kognitif menurut Piaget, Teori pemrosesan informasi menurut Gagne Teori Gestalt, Teori medan Lewin, Teori Belajar Humanistik dan Sibernetik juga dijelaskan dalam modul ini sebagai pendekatan alternatif dalam memahami proses belajar.
Setelah membahas teori-teori belajar, modul ini melanjutkan dengan pembahasan mengenai motivasi, termasuk pengertian dan pentingnya motivasi dalam pendidikan. Beberapa teori motivasi dari para ahli juga dijelaskan, bersama dengan kiat-kiat untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Dengan pemahaman tentang teori belajar dan motivasi ini, diharapkan Anda dapat lebih bersemangat dalam melaksanakan tugas mengajar dan memahami motivasi mahasiswa, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai secara optimal.
Tidak tersedia versi lain