Text
Penerapan dan pengembangan strategi pembelajaran PKN untuk guru MI aspek kekuasaan
Pembelajaran adalah proses interaksi edukatif antara guru dan siswa yang dirancang untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam pembelajaran, guru harus merencanakan kegiatan secara sistematis, dengan mempertimbangkan pendekatan, metode, model, dan media pembelajaran yang tepat untuk mencapai standar kompetensi dan kompetensi dasar. Dalam konteks pengembangan pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di Madrasah Ibtidaiyah, terutama mengenai aspek Kekuasaan dan Politik, Pancasila, dan Globalisasi, ada beberapa hal yang perlu dikuasai oleh pendidik, yaitu: Konsep Belajar dan Pembelajaran:
Belajar adalah kegiatan yang melibatkan memperhatikan, menyimpan, dan memanggil kembali pengetahuan atau pengalaman dengan tujuan yang jelas dan dilakukan secara sadar. Pembelajaran: Merupakan istilah yang menggantikan “proses belajar-mengajar” di dunia pendidikan. Pembelajaran ini mencakup interaksi antara guru dan siswa untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan. Pendidik harus mampu memahami dan menguasai konsep-konsep ini serta menerapkan strategi dan metode yang relevan dengan pembelajaran PKn di Madrasah Ibtidaiyah untuk mencapai tujuan yang diinginkan, khususnya dalam pembentukan karakter dan pemahaman siswa mengenai nilai-nilai Pancasila, kekuasaan, politik, serta globalisasi.
Tidak tersedia versi lain