Text
Penerapan dan pengembangan strategi pembelajaran di perguruan tinggi teori belajar dan motivasi
Modul ini menjelaskan tentang teori belajar dan motivasi. Dimulai dengan pengertian dan pentingnya teori belajar, modul ini membahas empat aliran utama teori belajar. Aliran pertama adalah behaviorisme, yang mencakup koneksionisme, classical conditioning, operant conditioning, dan teori belajar sosial. Aliran kedua adalah teori belajar kognitif, yang meliputi perkembangan kognitif Piaget, teori pemrosesan informasi Gagne, teori Gestalt, dan teori medan Lewin. Aliran berikutnya adalah teori belajar humanistik dan sibernetik.
Setelah menjelaskan teori-teori belajar, modul ini berlanjut dengan pembahasan tentang motivasi, termasuk pengertian, pentingnya motivasi, dan teori-teori motivasi dari berbagai ahli. Di akhir, modul ini memberikan beberapa kiat untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Dengan pemahaman tentang belajar dan motivasi ini, diharapkan mahasiswa dapat lebih bersemangat dalam belajar dan mencapai tujuan pembelajaran secara optimal.
Tidak tersedia versi lain